EDSA FKIP UNSIL telah sukses melaksanakan kegiatan ABDI EDSA 2024 dengan tema “Bridges of Language: Constructing Connections through English Learning” pada hari Senin, 29 Juli hingga Jumat, 16 Agustus 2024 di SDN Kikisik. Kegiatan ini berlangsung selama 10 pertemuan, termasuk pembukaan dan penutupan.

Rangkaian Kegiatan:

Pertemuan Pertama: Pembukaan (Senin, 29 Juli 2024)
Pada pukul 06.00 WIB, panitia dan tutor berkumpul di kampus Universitas Siliwangi untuk briefing. Mereka tiba di SDN Kikisik pukul 07.30 WIB dan mengikuti upacara bersama. Setelah upacara, acara dibuka oleh MC, Davina Damayanti dan Ilham Cahya Nugraha. Acara dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Pelaksana, Ira Okta Salsabila Putri, sambutan dari Ketua Umum EDSA, Pratama Nur Fadillah, dan pembukaan resmi oleh Kepala Sekolah SDN Kikisik, Bapak Nursyamsi. Setelah itu, diadakan sesi pengenalan tutor di lapangan, dan setiap tutor memperkenalkan diri kepada siswa masing-masing kelas:

  • Kelas 1: Nisa Nuraulia
  • Kelas 2: Ratni Maolani
  • Kelas 3: Nabilla Silvy Azzahra
  • Kelas 4: Syabilla Azmi Azzahra
  • Kelas 5: Rihaadatul ‘Aisy
  • Kelas 6: Latipatun Nisa

Setelah pengenalan, masing-masing tutor masuk ke kelas untuk berkenalan lebih lanjut dengan siswa. Setelah rangkaian acara selesai, panitia dan tutor pulang.

Pertemuan Kedua: Mulai Belajar-Mengajar (Rabu, 31 Juli 2024)
Pada pertemuan kedua, kegiatan belajar-mengajar dimulai. Kelas 1 dan 2 mempelajari materi “Introduction to Letters” dengan metode yang menyenangkan seperti bernyanyi bersama. Kelas 3 dan 4 mempelajari “Introduction to Daily Activities,” mengenalkan kosa kata terkait aktivitas sehari-hari. Kelas 5 dan 6 mempelajari “Get to Know Various Types of Adjectives Related to the Sense of Taste,” mengenalkan kata sifat yang berhubungan dengan indra perasa. Di akhir sesi, diadakan kuis, permainan, dan diskusi kelompok untuk mengukur pemahaman siswa.

Pertemuan Ketiga: Pendalaman Materi (Kamis, 1 Agustus 2024)
Pertemuan ketiga difokuskan untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya. Tutor merancang sesi ini dengan teliti agar setiap siswa dapat menguasai konsep-konsep penting secara mendalam. Melalui metode pembelajaran interaktif dan partisipatif, siswa diajak lebih aktif dalam diskusi dan praktik langsung, untuk memperkuat pengetahuan yang telah diperoleh.

Pertemuan Keempat: Materi Baru (Senin, 5 Agustus 2024)
Kelas 1 dan 2 belajar “Introduction to Numbers,” mengenalkan angka dalam bahasa Inggris. Kelas 3 dan 4 belajar “Forming Sentences with Daily Activities,” mengajarkan siswa untuk membentuk kalimat menggunakan kosa kata aktivitas sehari-hari. Kelas 5 dan 6 belajar “Numbers in Calendar,” mengenai nomor ordinal dan penggunaannya pada kalender. Pengukuran pemahaman siswa dilakukan melalui metode games, menciptakan suasana yang menyenangkan.

Pertemuan Keenam: Metode Permainan (Rabu, 7 Agustus 2024)
Pertemuan keenam diadakan untuk memperdalam pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang telah diajarkan sebelumnya. Beberapa tutor tetap menggunakan metode permainan yang diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para peserta didik.

Pertemuan Ketujuh: Pembelajaran Kosa Kata Baru (Kamis, 8 Agustus 2024)
Pada pertemuan ketujuh, setiap kelas mempelajari materi baru. Kelas 1 dan 2 mempelajari kosakata dasar dalam bahasa Inggris terkait benda-benda di kelas (Basic English Vocabulary: Classroom Objects). Peserta didik mempelajari nama-nama alat tulis, alat penunjang pembelajaran, perlengkapan kelas, alat kerajinan, dan alat kebersihan. Kelas 3 dan 4 mempelajari materi Describing Daily Routines, di mana mereka diajarkan untuk menggambarkan rutinitas harian menggunakan kosakata yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Sementara itu, kelas 5 dan 6 mempelajari materi What a Nice Skirt, yang memungkinkan peserta didik memahami berbagai jenis pakaian serta membedakan pakaian untuk perempuan dan laki-laki.

Pertemuan Kedelapan: Optimalisasi Pemahaman (Selasa, 13 Agustus 2024)
Pertemuan kedelapan berfokus pada optimalisasi pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan sebelumnya. Tutor tidak hanya mengulang materi, tetapi juga menekankan aspek-aspek penting yang mungkin masih belum sepenuhnya dipahami. Metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif digunakan untuk memastikan bahwa setiap siswa memahami dan dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari. Dengan pendekatan ini, diharapkan peserta didik tidak hanya mengingat informasi, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks yang lebih luas, baik di dalam kelas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan Kesembilan: Evaluasi Peserta Didik (Rabu, 14 Agustus 2024)
Pada pertemuan kesembilan, seluruh peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6 mengikuti asesmen untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi yang telah diajarkan sejak pertemuan pertama hingga pertemuan kedelapan. Asesmen ini dirancang untuk mengevaluasi sejauh mana peserta didik mampu menyerap dan mengaplikasikan konsep-konsep yang telah diajarkan. Hasil asesmen akan memberikan gambaran jelas mengenai perkembangan akademik masing-masing siswa dan membantu guru dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran selanjutnya yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa. Asesmen ini juga menjadi alat penting bagi sekolah untuk menilai efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan selama ini.

Pertemuan Kesepuluh: Perlombaan Hari Kemerdekaan Indonesia (Jum’at, 16 Agustus 2024)
Pertemuan kesepuluh, yang juga merupakan pertemuan terakhir sekaligus penutup dari program ABDI EDSA 2024, dilaksanakan dengan penuh semangat dan keceriaan. Pertemuan ini menjadi momen istimewa, tidak hanya karena menandai berakhirnya program, tetapi juga karena bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Untuk memeriahkan acara ini, diadakan berbagai perlombaan antar kelas yang melibatkan seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas 6.

Siswa kelas 1, 2, dan 3 berpartisipasi dalam perlombaan estafet air, di mana mereka berlomba memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain menggunakan wadah kecil yang diikatkan di kepala peserta, menguji ketangkasan dan kerja sama tim. Kelas 2 berhasil keluar sebagai pemenang, menunjukkan koordinasi dan kecepatan yang luar biasa. Sementara itu, siswa kelas 4, 5, dan 6 mengikuti perlombaan balap karung dengan tambahan tantangan menggunakan helm, menambah kesulitan dan keseruan kompetisi. Kelas 4 dengan gigih dan penuh semangat memenangkan perlombaan ini, mengalahkan kelas lainnya dengan strategi dan semangat yang tinggi.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi sehat, tetapi juga sebagai bentuk perayaan atas kebersamaan dan semangat kemerdekaan yang dipupuk selama berlangsungnya program ABDI EDSA 2024. Dengan berakhirnya perlombaan dan perayaan ini, seluruh rangkaian kegiatan program ditutup dengan penuh rasa syukur dan kebanggaan atas semua pencapaian yang telah diraih bersama.

By EDSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *