

Kegiatan EDSA’s Visitation 2025 dengan tema “Bridging Synergy through Communication
for Enhancing Organization Capacity” sukses dilaksanakan pada Senin, 11 Agustus 2025,
bertempatkan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Setiabudhi, Bandung. Setibanya di
Bandung, para peserta melaksanakan gladi dan persiapan bersama ESA UPI yang
dilaksanakan di PKM lantai 2 Gedung Geugeut Winda sesuai dengan jadwal yang sudah
disepakati. Setelah acara resmi dibuka, disampaikan laporan oleh Ketua Pelaksana dari
kedua belah pihak, yaitu ESA UPI dan EDSA FKIP UNSIL, Laporan tersebut kemudian
dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden ESA UPI dan sambutan dari Ketua EDSA FKIP
UNSIL. Memasuki sesi berikutnya, sambutan disampaikan oleh Dosen Prodi Pendidikan
Bahasa Inggris UNSIL, Ibu Fera Sulastri, S.Pd., M.Pd., dan tidak ada sesi sambutan dari
Dosen dari pihak ESA UPI dikarenakan ada kendala satu dan lain hal. Meskipun demikian,
acara opening ceremony tersebut tetap berjalan dengan khidmat. Kemudian setelah semua
rangkaian selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi penampilan minat dan bakat mahasiswa
dan diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama para dosen.
Panel discussion dan sesi tanya jawab relatif berlangsung sesuai dengan jadwal. Setelah
itu, sesi Isama dilaksanakan untuk membuat suasana lebih segar kembali. Kegiatan
kemudian beralih pada sesi Forum Group Discussion (FGD) hingga pada saatnya berakhir
melebihi jadwal semula dikarenakan antusiasme yang tinggi dari peserta pada saat sesi
tersebut. Sesi selanjutnya, meliputi games, kesan dan pesan, serta penyerahan plakat yang
terlaksana dengan sesuai rencana. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi
dokumentasi bersama EDSA FKIP UNSIL dan ESA UPI.
Secara keseluruhan, sebagian besar perubahan jadwal dan penyesuaian waktu merupakan
hasil kesepakatan antara ESA UPI dan EDSA FKIP UNSIL. Diharapkan dengan adanya
kegiatan ini bisa menambah wawasan baru terkait organisasi, akademik, dan pengalaman
lainnya yang bisa didapat melalui terjalinnya komunikasi pada kegiatan EDSA‘s Visitation
2025 X Comparative Study ESA UPI ini.