





English Department Talent Community (EDTC) 2025 merupakan salah satu program kerja Divisi Minat dan Bakat English Department Student Association (EDSA) yang diselenggarakan sebagai upaya ntuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam bidang Arts, Sports dan Academics. Program kerja English Department Talent Community (EDTC) 2025 ini dibentuk sebagai suatu komunitas yang setiap pertemuannya dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan dari para anggotanya serta para tutor.
Dalam pelaksanaannya yang berdurasi lima bulan, EDTC dimulai dengan sosialisasi diikuti dengan first gathering sebelum pelaksanaan pertemuan tiap bidangnya pada batch 1 sebagai bentuk sambutan pada peserta EDTC 2025. Pada pertemuan Academic Speaking, peserta belajar tentang speech dan teknik-teknik dalam speech. Kemudian, pada academic writing, peserta belajar tentang plagiarism dalam menulis teks akademik. Selanjutnya,pada subbidang content creator, peserta belajar tentang storyboard, dan cara membuat script. Kemudian untuk bidang Arts dan Sports, para peserta belajar bersama dengan sesama peserta. Kemudian, sebelum memulai pertemuan batch 2 EDTC 2025, dilaksanakan second gathering sebagai bentuk sambutan kepada peserta baru. Pada subbidang Academic Speaking, peserta belajar tentang debat dan teknik-teknik dalam debat. Selanjutnya, pada subbidang Academic Writing, peserta belajar tentang Creative Writing, seperti puisi. Sama halnya pada batch 1, subbidang Arts dan Sports, peserta belajar secara bersama dengan sesama peserta. Dengan demikian, terdapat delapan pertemuan untuk subbidang Academic Speaking dan Academic Writing, enam pertemuan pada subbidang Seni Lukis, delapan pertemuan pada subbidang Content Creator, lima pertemuan pada subbidang Seni Tari, enam pertemuan pada subbidang Seni Musik, delapan pertemuan pada bidang Sports, dan tiga pertemuan pada subbidang E-Sport.
Setiap bidang memiliki metode yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan, di mana pada kedua subbidang Academics dan pada subbidang Content Creator didampingi oleh tutor dalam setiap pertemuannya. Pada subbidang Academic Speaking dan Academic Writing pada bidang Academics yang didampingi oleh tutor dalam setiap pertemuan. Adapun daftar nama tutor pada setiap bidangnya, antara lain sebagai berikut:
Bidang Academic:
- Writing: Fahira Qotrunada dan Rahma Chairani
- Speaking: Fardhilla Martina Haris
Bidang Arts:
- Content Creator: I. Kenken Sukma Nur Umi Heryanto
Kehadiran tutor bertujuan agar proses belajar dan latihan para anggota berjalan secara efektif dan terarah. Sementara itu, kegiatan di bidang Sports dilaksanakan secara mandiri, di mana para anggota saling berlatih dengan satu sama lain. Cabang olahraga yang dipilih pada bidang Sports dijadwalkan berbeda setiap minggunya untuk menghindari kejenuhan bagi para anggota komunitas. Cabang olahraga yang dipiih, yaitu Mini Soccer, Basket, Badminton, dan Voli. Sama halnya dengan bidang Sports, Seni Tari dan Seni Lukis pada bidang Arts pun melakukan latihan mandiri sesama anggota, di mana mereka berkumpul untuk belajar bersama dengan waktu yang sudah mereka sepakati.
Pada akhir kegiatan, terdapat final project yang harus dilakukan oleh anggota setiap bidangnya. Anggota bidang Academics dianjurkan untuk mengikuti perlombaan dari eksternal atau perlombaan dari internal jurusan, seperti National English Skill Competition (NESTION) yang merupakan program kerja dari Divisi Penalaran dan Keilmuan yang mencakup lomba speech untuk bidang speaking dan essay untuk bidang writing. Selanjutnya, final project dari bidang Arts yaitu para peserta diajak untuk berpartisipasi pada Grand Opening dan pameran seni dalam program kerja EDSA Festival (EFEST). Adapun untuk final project bidang sports, yaitu para peserta diajak untuk ikut serta dalam perlombaan Education Festival (EDUFEST) yang diselenggarakan oleh BEM FKIP Universitas Siliwangi.
Pada pertemuan akhir, kami melaksanakan Final Gathering di mana para tutor, peserta, serta panitia dapat mengutarakan apa yang mereka rasakan selama mengikuti program ini. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sampai pada akhir kegiatan semua pihak yang terlibat dalam EDTC 2025 ini diminta untuk mengisi survei kepuasan untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki dan dipertahankan dari program ini.
Dengan terselenggaranya program kerja ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Jurusan pendidikan Bahasa Inggris untuk mengembangkan minat, bakat, serta potensinya. Selain itu, program kerja ini juga ditujukan untuk memberi ruang bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris untuk mencoba hal baru dan mengembangkan bakat mereka di lingkup internal Jurusan.
